Inhalasi Pada Anak

Di posting oleh Tomkian pada 11:04 AM, 21-Jan-12

Di: KESEHATAN

Sebelum membahas apakah inhalasi itu boleh atau tidak, ada pentingnya para orang tua mengetahui kondisi anak yang tidak boleh dilakukan inhalasi, yaitu :

1. Kondisi batuk pilek yang dialami anak tergolong berat atau disertai demam lebih dari 3 hari.

2. Anak mengalami sesak yang parah karena dengan fisioterapi malah bisa menambah sesaknya.

3. Anak baru saja menghabiskan makannya karena dapat mengakibatkan muntah.

Inhalasi
Inhalasi yaitu satu rankaian dari proses fisioterapi yang merupakan pengobatan dengan cara memberikan obat dalam bentuk uap kepada anak langsung melalui alat pernapasannya ( hidung keparu-paru ). Alat terapi inhalasi bermacam-macam. Salah satunya yang efektif bagi anak adalah alat terapi dengan kompresor ( jet nebulizer ). Cara penggunaannya cukup praktis yaitu anak diminta menghirup uap yang dikeluarkan nebulizer dengan menggunakan masker.

Obat-obatan yang dimasukkan kedalam nebulizer bertujuan melegakan pernapasan atau menghancurkan lendir. Semua penggunaan obat harus selalu dalam pengawasan dokter. Dosis obat pada terapi inhalasi jelas lebih sedikit tapi lebih efektif ketimbang obat oral atau obat minum seperti tablet atau sirup. Karena dengan inhalasi obat langsung tepat mencapai sasaran. Bila tujuannya untuk mengencerkan lendir / sekret diparu-paru, obat itu akan langsung menuju kesana.

Inhalasi Tradisional
Dasar teknik inhalasi sebenarnya sudah ada sejak zaman yunani, yaitu dengan menggunakan uap ramu-ramuan yang dihirup. Kamu juga bisa melakukan inhalasi dengan obat tradisional. Untuk meringankan gejala batuk pilek, ajak anak menghirup uap dari sebaskom air panas dengan beberapa tetes minyak penghangat, misalnya minyak kayu putih.

Namun, cara tradisional ini tetap tidak bisa menggantikan inhalasi dengan nebulizer. Efek inhalasi tradisional sekedar melonggarkan pernapasan tapi tidak berfungsi mengeluarkan lendir karena bahan-bahan dalam minyak kayu putih tidak mengandung zat penghancur lendir. Sedangkan obat-obatan yang dimasukkan dalam nebulizer dapat berfungsi melonggarkan pernapasan sekaligus mengencerkan lendir agar mudah keluar. By Citra

Kurs Rupiah | Css Master

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

8 tanggapan untuk "Inhalasi Pada Anak"

вцδi взярзкзятi lцнця ® pada 12:01 PM, 21-Jan-12

wah..nice infonya gus.

JhaY Amowater pada 11:57 PM, 21-Jan-12

mksh pncrahanx bang...,,moga shat slalu ya !

Wisma pada 10:14 PM, 23-Jan-12

Wah...sama ma anakku.Gara2 ibunya malas jemur wktu msi bayi sesuai saran bidan,akhirnya harus terapi...kasian liatnya...

Rizkycandra pada 06:26 PM, 25-Jan-12

wew..
Blum pernah liat nebulizer


salam
www.rizkycandra.mywapblog.com/

Sunan pada 10:55 AM, 27-Jan-12

Penting bagi yg punya anak kecil dan tmbahan ilmu bwt yg belum.

Ica pada 02:02 PM, 04-Feb-12

slm knl ea.., hadir nyimak sob..,.. ttp smangat ea.. update trus artikel yg lain... [url=http://hapizah.co.nu]ICA[/url]

rini pada 07:58 PM, 19-Feb-12

Makasih info nya.Anak ku pernah di inhalasi dan hasilnya cukup efektif. Skrg aku pnya alatnya drumah kalau sewaktu2 perlu. Tp ttp ragu makainya krn takut slah

Tomkian pada 12:07 AM, 21-Feb-12

wisma : kalo anakku malah sampe diopname bang, menghabiskan beberapa botol infus dan pernah juga sampai pindah rumah sakit.

Rini : coba cari tutorial pemakaianya mbak dari google, kalo mau lebih jelas lagi ke dokter spesialis anak tapi pasti mahal biayanya.

Terimakasih buat para sahabat yang udah mampir.

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar